0
(0)

pada hari ini Jum’at tanggal 10 November 2023 sekitar pukul 09.00 WIB di Komplek Dian Permai Kantor RW. 12 Kel. Babakan Kec. Babakan Ciparay Kota Bandung Polsek Babakan Ciparay telah berlangsung kegiatan Jum’at Curhat Bersama Kapolrestabes Bandung

Kegiatan dipimpin Wakapolrestabes Bandung AKBP. DWI HANDONO PRASANTO,Sik dan di hadiri oleh :

  1. Kasat Binmas Polrestabes Bandung AKBP. SUTORIH dan Anggota
  2. Kapolsek Babakan Ciparay Kompol. Wawan Setiawan,S .ip. M,pd
  3. Danramil / Mewakili
  4. Camat Babakan Ciparay BP. Supardjo. S,Sos
  5. Personil Polsek Babakan Ciparay
  6. Forkopincam Babakan Ciparay
  7. Tokoh Agama
  8. Tokoh Masyarakat
  9. Tokoh Pemuda

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka silaturahmi dan pendekatan kepada warga masyarakat dengan tujuan untuk menerima informasi, keluhan maupun permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat serta menampung saran dan kritikan kepada POLRI Khususnya Polrestabes Bandung dan Polsek Babakan Ciparay seputar situasi, kondisi dan Harkamtibmas.

Pada kesempatan tersebut WAKAPOLRESTABES BANDUNG menyampaikan Himbauan dan membuka sesi tanya jawab langsung dengan warga masyarakat :

Adapun Himbauan yang di sampaikan antara lain :

  1. Sosialisasi beberapa program POLRI yang selama ini sudah berjalan dan berhubungan langsung dengan warga masyarakat diantaranya ada Program Polisi RW dan Jum’at Curhat.
  2. Masih dirasa kurangnya peran serta masyarakat dalam memberikan informasi seputar Gangguan Kamtibmas maupun kerawanan lainnya maka perlu ditingkatkan kerjasama antara POLRI dan Masyarakat dalam menjaga dan memelihara keamanan guna terciptanya situasi yang aman terkendali dan kondusif.
  3. Sekarang ini sudah tersedianya layanan / Call Center di POLRI yang bisa di gunakan oleh masyarakat untuk melaporkan segala hal terutama seputar Gangguan Kamtibmas.
  • Sesi Tanya jawab Warga*
  1. BP. Agus Sumarna (Kelurahan Margahayu Utara)
  • Masih banyak beredarnya penjual minuman keras ilegal dan obat – obatan keras di lingkungan masyarakat yang notabene menjadi pemicu terjadinya tawuran maupun tindak pidana lainnya sehingga perlu adanya tindakan tegas dari aparat Kepolisian setempat khususnya Polsek Babakan Ciparay.

Tanggapan Wakapolrestabes

  • Bahwa dalam penanganan/ penindakan permasalahan baik miras ilegal maupun obat – obatan keras pihak kepolisian masih terus berupaya untuk memberantas hal tersebut namun yang terjadi di lapangan Kepolisian masih terkendala dengan penerapan undang – undang dan dasar hukum yang mana selama ini masih
  1. BP. Deden (Kelurahan Cirangrang)
  • Dengan keterbatasan Anggota Kepolisian di wilayah, maka perlu adanya peran serta dari perangkat RW maupun pemberdayaan linmas dalam menjaga kondusifitas di lingkungannya.

Tanggapan Wakapolrestabes

  • Memang yang harus lebih berperan dalam menjaga Kamtibmas di kewilayahan yaitu masyarakat itu sendiri karena lebih memahami kondisi dan situasi di lingkungannya , salah satunya dengan meningkatkan dan memberdayakan kembali SISKAMLING serta Ronda malam, selain itu selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Polisi RW atau Bhabinkamtibmasnya.
  1. BP. Yusuf ( Kelurahan Sukahaji)
  • Masih dirasa kurangnya kehadiran dari Polisi RW di Lingkungan RW. 05 Sukahaji.
  • Adanya jalan atau gang yang tidak bisa di jangkau oleh Pihak Kepolisian maka perlu adanya Bantuan CCTV.
  • Selama ini masih banyaknya warga masyarakat luar daerah yang membuang sampah sembarangan dan tidak pada TPS yang sudah di sediakan.

Tanggapan Wakapolrestabes

  • Apabila selama ini masih adanya Polisi RW yang belum pernah bersilaturahmi atau hadir di lingkungannya agar segera melaporkannya kepada Kapolsek Babakan Ciparay
  • Untuk bantuan CCTV pihak Kepolisian hanya bisa memberikan support semaksimal mungkin sehubungan masih terkendalanya dengan anggaran yang terbatas.
  • Tanggapan Camat Babakan Ciparay*

Apabila ada yang masih membuang sampah sembarangan agar diviralkan dengan cara di foto atau di videokan dan selanjutnya yang diduga pelaku akan dipanggil oleh Satpol PP dan dikenakan tindak TIPIRING (Tindak Pidana Ringan) dan akan di adili sampai dengan ke Pengadilan Negeri.

  1. BP. Casama (Kelurahan Babakan)
  • Sehubungan dengan Banyaknya kejadian tindak pidana maupun kerawanan lainnya di lingkungan RW. 07 Kel. Babakan terutama di Sepanjang Jl. Ters. Pasir Koja maka perlu adanya peningkatan patroli dari pihak Kepolisian Polsek Babakan Ciparay.
  • Tanah di Lahan Taman sakura , dimana sekarang ini di manfaatkan oleh warga sebagai sarana olah raga sekarang menjadi Permasalahan dengan pengelola Taman Sakura.

Tanggapan Wakapolrestabes

  • Permasalahan tersebut akan segara di tindak lanjuti oleh Kapolsek Babakan Ciparay dengan lebih memprioritaskan lokasi / tempat yang di nilai tinggi kerawanannya.

Tanggapan Camat Babakan Ciparay

  • Sehubungan dengan permasalahan Pemanfaatan Lahan sakura oleh warga masyarakat pihak Kecamatan akan mengkomunikasikannya dengan pengelola Taman Sakura agar di segera di buatkan surat edaran maupun surat kerjasama antara kedua belah pihak.

Sekitar pukul 11.15 WIB kegiatan Jum’at Curhat selesai, situasi umum berjalan Kondusif.

Apakah Artikel ini Menarik Menurut Anda

Nilai Arikel ini sekarang!

Nilai Rata Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.