0
(0)

Dalam memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2021 yang jatuh pada tanggal 26 April 2021, jajaran Polsek Panyileukan Polrestabes Bandung bersama unsur Muspika Cibiru menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana yang bertempat di lapang Apel Kecamatan Cibiru Jalan Manisi Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Senin (26/4/2021).

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Panyileukan Kompol Suhendratno, S.H., menjelaskan dengan adanya apel siaga bencana ini paling tidak sudah mempersiapkan dari segi personel, sarana dan prasana untuk melakukan tindakan tanggap darurat apabila di daerah Cibiru ataupun daerah lain terjadi bencana. Apel juga sebagai instruksi dari pemerintah dan antisipasi menyusul cuaca berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG memasuki musim peralihan atau pancaroba dan perubahan cuaca ekstrim ini berpotensi terjadinya angin kencang puting beliung banjir dan tanah longsor, jelasnya.

“Sebelum terjadinya bencana kami benar-benar mengecek kesiapsiagaan Satuan tugas (Satgas), kesiapan peralatan, ketersediaan bahan pangan, serta kebutuhan yang diperlukan selama menghadapi cuaca ekstrim. Karena, bila terjadi bencana alam akan dapat mengancam jiwa manusia kami sudah siap siaga,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Kapolsek “dalam rangka menghadapi bencana alam kita harus menyadari bahwa peralatan dan sarana prasarana pendukung yang dimiliki oleh masing-masing Instansi sangat terbatas. Oleh karena itu, perlu adanya partisipasi dan kerja sama koordinasi yang baik dari instansi terkait untuk menyiapkan peralatan serta Satgas penanggulangan bencana alam sesuai dengan tugas pokok dan tanggung jawabnya,” pungkasnya.

Apakah Artikel ini Menarik Menurut Anda

Nilai Arikel ini sekarang!

Nilai Rata Rata 0 / 5. Jumlah Penilai: 0

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *