5
(1)

29 November 2023

Pada hari Rabu tanggal 29 November 2023 sekira pukul 09.20 s.d 11.00 wib di Kantor PT. KAI Jl. Perintis Kemerdekaan No.1 Bandung berlangsung aksi unjuk rasa mengatasnamakan LSM KOREK (Komunitas Rakyat Ekonomi Kecil) diikuti lk 30 orang dengan korlap sdr. Kaddapi Pane, SH

Maksud dan tujuan aksi unjuk rasa dalam rangka terkait Pekerjaan Pembangunan jalur Ganda KA km 178+500 s/d KM 180+000 antara Kiaracondong – Cicalengka Tahap II Segmen Kiaracondong – Gedebage dan Segmen Haurpugur – Cicalengka. Sumber Dana APBN T.A 2024, APBN 2023, APBN 2022. Nilai Kontrak Rp 59.335.840.572,80, yang dikerjakan oleh PT. Dwifarita Fajarkharisma.

Selain melaksanakan Orasi, massa aksi membawa spanduk / Poster bertuliskan:

  • Jangan jadikan Korupsi jadi Tradisi, usut tuntas pelaku korupsi
  • Rakyat Bersatu tak bisa di kalahkan
  • Menolak keras segala bentuk korupsi
  • LSM KOREK tetap maju walaupun langit runtuh keadilan harus ditegakkan

Pernyataan sikap :

  1. Kami Meminta Kepada Kepala Kantor PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Untuk mengevaluasi kinerja Kepala Balai Teknik Perkerataapian serta Pihak Pelaksana Pekerjaan.
  2. Kami Meminta Kepada Kepala Kantor PT. Kereta Api Indonesia (Persero). untuk turun langsung ke lokasi pekerjaan demi melihat kualitas pekerjaannya. Apakah sudah sesuai dengan spesifikasi.
  3. LSM KOREK menduga ada praktek KKN, pada pekerjaan Pembangunan Jalur Ganda KA. Km 1781500 sampai dengan KM 1801000 antara Kiaracondong – Cicalengka Tahap II Segmen Kiaracondong – Gedebage dan segmen Haurpugur – Cicalengka Sumber Dana APBN Tahun Anggaran 2024, APBN 2023, APBN 2022, dengan nilai kontrak Rp. 59,3 milyar yang dikerjakan oleh Pihak pelaksana Pekerjaan.
  4. Meminta Kepada Kepala Kantor PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Untuk selalu menghargai masukan, kritikan dari masyarakat. Jangan kalian merasa hebat, kami ingatkan gajih kalian berumber dari Pajak yang dibayar Masyarakat.
  5. . LSM KOREK menduga Bahan Material yang dipergunakan dalam proyek tersebut. Bahannya tidak sesuai dengan RAB yang telah ditentukan.
  6. Kami Meminta Kepada Kepala Kantor PT. Kereta Api Indonesia (Persero), untuk transaparan juga terbuka. Kami melihat PT. Kereta Api Indonesia seakan – akan menutup diri dari masyarakat khususbya LSM KOREK, terbukti saat LSM KOREK mengagendakan Audiensi ada Hari Selasa 14 November 2023 tidak ada satu orangpun yang berkompeten menerima kami.
  7. Oleh Karena itu kami menyampaikan kepada Kepala Kantor PT. KAI terkait Staff maupun jajaran yang berkantor di PT. Kereta Api Indonesia tidak becus dalam bekerja.

Sekira pukul 09.44 wib aksi di Kantor PT KAI (Persero) selesai, selanjutnya menuju Kantor PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) Prov. Jabar Jl. Braga No.137 Bandung

2.) Sekira pukul 09.47 wib massa aksi tiba di Kantor PSDA Provinsi Jawa Barat Jl. Braga No.137 Bandung

Maksud dan tujuan aksi unjuk rasa di Kantor PSDA terkait surat Konfirmasi DPP LSM KOREK yang ditujukan kepada UPTD PSDA Wilayah Sungai Citanduy yang di duga tidak terbukanya informasi sesuai dengan pertauran undang undang Keterbukaan Informasi Publik, dengan Nomor Surat 337/DPP/LSM-KOREK/VII/2023, tertanggal 22 Juli 2023, Terkait Pekerjaan Pembangunan Infrastruktur Pengendali Banjir Sungai Cikidang (DAK Sungai).

Pernyataan sikap :

  1. Kami Meminta Kepada Kepala Dinas Sumber Daya Air

Provinsi Jawa Barat untuk menggantikan Kepala UPTD SDA Wilayah Sungai Citanduy Provinsi Jawa Barat karena kami anggap tidak becus dalam mengemban amanah jabatannya.

  1. Kami Meminta Kepada Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat untuk menghadirkan Kepala UPTD SDA Wilayah Sungai Citanduy Provinsi Jawa Barat untuk melakukan Debat Terbuka dengan kami LSM KOREK terkait Keterbukaan Informasi Publik.
  2. Kami Meminta kepada Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Jawa Barat untuk turun tangan meninjau pekerjaan yang kami sampaikan melalui surat Konfirmasi, yaitu Pekerjaan Pembangunan Infrastruktur Pengendali Banjir Sungai Cikidang (DAK Sungai). Juga meninjau ulang belanja jasa tenaga sumber daya air (Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Permukiman).

4.Kami meminta bilamana ada pihak masyarakat khususnya LSM KOREK beraudiensi dengan pihak Dinas SDA Provinsi Jawa Barat, agar menghargai juga memfasilitasi dengan baik dan layak, karena anda-anda di gaji Rakyat

Sekira pukul 09.58 wib aksi unras psda selesai, selanjutnya massa aksi menuju pemkot

3.) Sekira pukul 10.05 wib massa aksi tiba di Kantor Pemkot Jl. Wastukencana No.2 Bandung

Maksud dan tujuan aksi unjuk rasa di Pemkot dalam rangka Terkait Surat Konfirmasi DPP LSM KOREK yang ditujukan kepada Perumda Pasar Juara Kota Bandung, Perihal MCK di Pasar Tradisional Kota Bandung, dengan Nomor Surat : 400/DPP-LSM-KOREK/VIII/2023, tertanggal 17 maret 2023, Terkait Perjanjian Kerja Sama Antara Pihak Perumda Pasar Juara Kota Bandung dengan PT. BMT, yang dinilai cacat hukum.

Pernyataan sikap :

  1. Meminta Kepada Pj. Walikota Bandung untuk membatalkan Perjaanjian Kerja Sama terkait pengelolaan MCK Pasar antara Perumda Pasar Juara Kota Bandung dengan PT. Bunga Matahari Tasik Malaya.
  2. Meminta kepada Pj. Walikota Bandung untuk memfasilitasi kami LSM KOREK untuk melakukan debat terbuka dengan Direktur Utama Perumda Pasar Juara Kota Bandung dengan menghadirkan Direktur Utama PT. Bunga Matahari Tasikmalaya.
  3. Meminta Pj. Walikota Bandung untuk menindak PT. Bunga Matahari Tasik Malaya karen diduga telah mengintimidasi Pengelola MCK pasar sebelumnya dengan berbagai cara.
  4. Sekali lagi LSM KOREK tegaskan menolak Perjanjian Kerja Sama antara pihak Perumda Pasar Juara Kota Bandung dengan PT. Bunga Matahari Tasikmalaya dikarenakan PKS tersebut dibuat tidak melibatkan pengelola lama sehingga muncul dugaan adanya kongkalikong antara pihak Perumda dengan Pihak Pengusaha.

Sekira pukul 10.35 wib aksi unras di Kantor Pemkot Bandung selesai, selanjutnya massa aksi menuju Kantor Dinas Pu Binamarga Provinsi Jabar Jl. Asia-Afrika No.79 Bandung

4.) Sekira pukul 10.45 wib massa aksi tiba di Kantor Dinas PU Binamarga Prov. Jabar Jl. Asia-Afrika No.79 Bandung

Maksud dan tujuan aksi unjuk rasa dalam rangka Terkait Surat Konfirmasi DPP LSM KOREK yang ditujukan kepada UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan VI Provinsi Jawa Barat yang di duga kurang terbuka, diduga tidak sesuai dengan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi public Terkait 1 pekerjaan pemeliharaan berkala ruas jalan Majalengka – Talaga, Tahun Anggaran 2023, Terkait 1 pekerjaan pemeliharaan berkala ruas jalan BTS. Majalengka/Cirebon — Cigasong, Tahun Anggaran 2023 serta Terkait 1 pekerjaan pemeliharaan berkala ruas jalan BTS. Majalengka/Cirebon – Cigasong, Tahun Anggaran 2023.

Pernyataan sikap :

  1. Meminta Kepada Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat untuk menggatikan Kepala UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat karena kami anggap tidak becus dalam mengemban jabatannya.
  2. Meminta Kepada Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat untuk menghadirkan Kepala UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat untuk melakukan Debat Terbuka dengan kami LSM KOREK terkait Keterbukaan Informasi Publik.
  3. Meminta kepada Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat untuk turun tangan meninjau pekerjaan yang kami surati, yaitu Pekerjaan Pemeliharaan Berkala Ruas Jalan Majalengka – Talaga Tahun Anggaran 2023, Pekerjaan Pemeliharaan Ruas Jalan BTS. Majalengka/Cirebon – Cigasong Tahun Anggaran 2023 dan Pemeliharaan Ruas Jalan BTS. Majalengka/Cirebon – Cigasong Tahun Anggaran 2023.
  4. Meminta kepada Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat untuk meindak tegas bilamana temuan kami terbukti dengan memberhentikan Kepala UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat.

Sekira pukul 11.00 wib aksi unjuk rasa di Kantor Dinas Binamarga Provinsi Jabar Selesai, Selanjutnya massa aksi menujuk Kantor Kemenag Kanwil Jabar.

Demikian dilaporkan, selama kegiatan berlangsung di Wilayah Hukum Polsek Sumur Bandung aman kondusif.

Apakah Artikel ini Menarik Menurut Anda

Nilai Arikel ini sekarang!

Nilai Rata Rata 5 / 5. Jumlah Penilai: 1

Belum ada yang menilai, Jadilah yang pertama untuk menilai artikel ini.